Kesehatan Tubuh

8 Jenis Masker Virus Corona Covid

Setelah mengetahui jenis dan perbedaan masker, kini masyarakat juga perlu tahu tata cara yang benar dalam penggunaan masker. Tata cara ini agak spesifik mengarah pada masker kain, masker bedah dan masker N95. Mengingat masker respirator jarang digunakan masyarakat umum ataupun dokter. Keuntungan memakai masker kain adalah karena ia dapat dipakai secara berulang-ulang. Ia pun menganjurkan, masyarakat yang rutin memakai masker kain, hendaknya rutin dicuci dengan detergen.

Meskipun tak sekuat masker kesehatan,efektivitas masker ini mencapai persen untuk menahan percikan cairan dari dalam mulut. Ia menambahkan, dengan menggunakan masker kain minimal dua lapis ini agar lebih maksimal untuk menyaring virus maupun partikel debu. Mereka melindungi hidung dan mulut agar tidak bersentuhan dengan tetesan yang bisa membawa kuman. Terlepas dari jenis atau masalah kulit Anda, masker wajah terbaik adalah yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat seperti antioksidan, dan bahan yang melembabkan. Serta usahakan untuk menghindari bahan yang mengeringkan atau mengiritasi, termasuk alkohol, paraben dan juga pewangi buatan.

TIper- tipe masker

Masker kain 1 lapis, seperti masker scuba,buff, atau bandana, mungkin bisa memudahkan kamu untuk bernapas. Akan tetapi, jenis masker ini tidak dapat memberikan perlindungan yang memadai dari virus corona. Oleh karena itu, jika Anda beraktivitas cukup lama di luar rumah seperti bekerja, jangan lupa membawa masker cadangan untuk mengganti setiap four jam. Bahkan masker katun yang dipasang longgar “secara substansial mengurangi” penyebaran partikel virus ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, para peneliti di India baru-baru ini memutuskan.

Dan masker ini diutamakan untuk digunakan oleh petugas medis yang memang kontak secara langsung dengan penderita covid-19. Karena memiliki lapisan filter ini, masker bedah efektif untuk menyaring droplet Bandar Slot Online yang keluar dari pemakai ketika batuk atau bersin. Namun lapisan ini bukan merupakan barier proteksi pernapasan karena tidak bisa melindungi pemakai dari terhirupnya partikel airborne yang lebih kecil.

Bahan tanah liat alami yang terdapat dalam clay mask mampu membersihkan dan menarik segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah saat masker ini mengering dan mengencang. Meskipun masker dengan tingkat perlindungan FFP1 masih lebih baik daripada masker bedah, masker tersebut tidak menawarkan perlindungan terhadap virus. Masker ini ditujukan bagi tukang kayu, misalnya, yang bekerja dengan gergaji dan sistem ekstraksi vakum. Para pekerja konstruksi memakai masker ini agar tidak menghirup debu. WowKeren – Belakangan ini masker wajah menjadi salah satu produk skincare yang digemari banyak orang.

Masker bedah dan masker N95 dapat digunakan untuk mencegah paparan virus Corona. Namun, manfaat dari kedua masker ini hanya akan efektif jika Anda menggunakannya dengan benar. Walaupun daya lindungnya lebih baik, masker N95 tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini disebabkan desainnya yang membuat orang yang memakai bisa sulit bernapas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang agak lama.

Masker N95 cukup direkomendasikan bagi tenaga medis yang menangani pasien terinfeksi virus COVID-19. Masker bedah 2 Lapis atau Surgical Mask 2 Ply ini hanya terdiri dari 2 lapisan , yaitu lapisan luar dan lapisan dalam tanpa lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter. Karena tidak memiliki lapisan filter pada bagian tengah, maka tipe masker ini kurang efektif untuk menyaring droplet atau percikan dari mulut dan hidug pemakai saat batuk atau bersin. Ada alasan mengapa WHO merekomendasikan menggunakan masker N99 dan N95, terlebih dahulu bagi petugas kesehatan.