Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

Ideas Mudah Agar Anak Mau Tidur Siang Tanpa Harus Dipaksa, Orangtua Simak Beberapa Cara Berikut

Mandikan ia dengan air hangat, beri pijatan, peluk dan timang, bacakan cerita, atau buai dengan selendang agar ia bisa tenang menjelang jam tidur. Ini bisa membuat si kecil terlelap, jarang bangun saat malam, dan memiliki mood yang lebih baik ketika bangun keesokan harinya. Siklus tidurnya juga belum regular, kadang terlelap di siang hari dan terjaga di malam hari. Dan jam tidur bayi akan terus berubah selama tahun pertama kehidupannya.

Dan saat ia tumbuh, complete jam tidurnya akan berangsur-angsur berkurang dengan jam tidur di malam hari meningkat. Agar bayi mendapat waktu tidur yang sesuai dengan kebutuhannya, Ibu harus tahu berapa lama sebenarnya waktu tidur yang dibutuhkan oleh bayi. Namun, usahakan untuk menyisihkan waktu tertentu untuk menyusui dia jauh-jauh hari sebelum dia tidur di malam hari.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur siang memberikan manfaat untuk perkembangan anak dan kesehatan anak sama seperti tidur malam. Saat tidur, tubuh anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tidur cukup juga dapat mencegah anak kelelahan yang bisa membuatnya rewel sepanjang hari. Tidak hanya waktu tidur pada malam hari, cara agar jadwal tidur bayi teratur bisa dilakukan dengan membuat rutinitas yang baik pada siang hari. Jangan terbiasa membuat bayi terlalu banyak tidur pada siang hari sehingga ia jadi susah mengantuk pada malam hari. Berikan waktu atau jadwal yang teratur pula pada siang hari dengan membangun rutinitas tidur sama seperti saat malam hari.

Cara ini akan efektif membuat si kecil lebih rileks sebelum tidur. Power napatau istilah akrabnya ‘tidur-tidur ayam’ bisa mengacaukan pola tidur bayi secara keseluruhan. Tetapi untuk balita, menerapkan pola tidur siang yang sama setiap waktunya sangatlah sulit. Walaupun masih menyukai tidur siang, mereka akan mulai menolak ajakan tidur siang dengan keras. Pada kasus seperti ini, jangan membuat waktu tidur siang menjadi ajang peperangan. Mums memang tidak bisa memaksa si Kecil untuk tidur, tetapi dapat merayunya dengan tenang.

Siklus tidur anak tidak hanya tergantung pada cahaya saja, melainkan juga dipengaruhi oleh suhu kamar. Sama seperti orang dewasa, jika ruangan terlalu panas, Anda pun akan merasa tidak nyaman, dan terbangun bukan? Berbanding terbalik dengan bayi yang memang gampang dan sering tidur, membujuk anak kecil untuk tidur siang bisa menjadi suatu tantangan.

Cara agar anak mau tidur siang

Saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda ini, inilah waktu yang tepat untuk mengajaknya tidur siang. Ketiga, Nabi Ibrahim juga termasuk salah satu nabi yang dijuluki Ulilazmi, karena keteguhan hati yang dimilikinya. Selain Nabi Ibrahim, nabi yang dimasukkan ke dalam kelompok Ululazmi adalah Nabi Isa, Nabi Nuh, Nabi Musa, dan Nabi Muhammad. Nabi Muhammad pun diminta oleh Allah untuk meneladani ketabahan hati Ululazmi ini. Selain, kepercayaan dirinya yang tak mudah digoyahkan oleh hal eksternal.

Jika aktivitas tersebut dilakukan dengan berlebih, maka akan menimbulkan efek buruk lain. Sehingga, segala aktivitas haruslah dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing. Kurangi lemak dan junkfood serta perbanyak memakan sayur dan buah. Ajak anak Anda berimajinasi ke sebuah tempat yang sepi dan teduh.

Jadi, jika Ibu ingin fisik bayi tumbuh dengan optimal, jangan melewatkan tidur siang bayi, ya. Siapapun tidak akan bisa tidur jika perut terasa lapar, termasuk bayi. Walaupun sudah mengantuk, tapi bayi bisa kesulitan tidur siang karena ia merasa lapar.