Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

Cara Menghindari Anak Kecanduan Gadget

Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadget-nya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan. Coba berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak Anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Hal lainnya, yang jauh lebih baik adalah jangan memainkan gadget di depan anak. Bila itu suatu kebutuhan karena berkaitan dengan pekerjaan, disarankan untuk mengambil ruangan terpisah dari anak.

Disadari atau tidak, terlalu lama memainkan gadget atau menonton televisi bisa menyebabkan anak terserang obesitas dan diabetes. Hal ini dikarenakan anak jadi malas bergerak, padahal di usia tersebut anak-anak seharusnya aktif bermain fisik. Akibat dari malas bergerak ini dapat membuat penumpukan lemak dan metabolisme tubuhnya ikut terganggu, sehingga risiko anak mengalami obesitas pun dapat meningkat hingga 30 persen. Bahkan, anak yang kurang bergerak bisa memicu serangan jantung dan stroke di usia dini.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Walaupun berniat untuk memberikan contoh pada orang lain, supaya tak membuli seseorang melalui sosial media. Selebram Rachel Vennya mengadakan sayembara usai mendapatkan perlakukan kurang mengenakan dari pengikutnya di laman media sosial. Seorang perempuan muda terus menyerang Rachel dengan kalimat kasar dan menyakitkan.

Padahal, bermain bola bersama teman, menyusun puzzle dengan orang tua, menari, dan aktivitas lainnya sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Dari waktu ke waktu, berkembangnya teknologi kerap diikuti oleh perubahan pola asuh orang tua terhadap anak. Sekarang ini, gadget menjadi salah satu hal yang digunakan orang tua untuk mendidik anaknya. Tujuan awal tentu saja agar anak paham akan teknologi, bisa mengakses banyak informasi yang berguna, dan mengasah kreatifitas dengan beragam pilihan gadget yang dimiliki.

Apabila tidak dibatasi, Si Kecil dapat dengan mudah mengalami kecanduan gadget. General Manager TAF English, Cicik Setyobudi Utami melihat TAF Holiday sebagai peluang. Notifikasi dari berbagai aplikasi yang dipasang di gadget memang didesain untuk menarik perhatian.

Namun, tetap beri dia hak bermain dengan gadget-nya dengan biarkan orang tua dan anak memiliki kendali atas gadget sesuai porsi yang telah disepakati. Mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget memang tidak mudah. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat anak terlepas dan tidak lagi bergantung pada alat elektronik tersebut. Meskipun demikian, Smart Parents harus sabar dan tegas dalam menerapkan peraturan-peraturan yang telah disepakati, seperti berapa lama anak boleh bermain gadget. Jika peraturan itu terus dilakukan, anak pun akan mulai terbiasa hidup tanpa gadget. Semakin banyak yang dikonsumsi, semakin anak ingin untuk menambah lagi.

Tak jarang mereka memiliki wawasan yang lebih luas dari orang tua. Teknologi telah memudahkan anak-anak mendapatkan informasi tak hanya dari orang tua atau guru. Anak tumbuh berkembang dan lebih dinamis, bahkan tak jarang mereka memiliki wawasan yang lebih luas dari orang tua atau guru. Selain kedua cara di atas, IDAI juga menyarankan orang tua untuk lebih kreatif dengan memberikan variasi kegiatan atau permainan agar anak tidak bosan dan terpaku pada gadget.