Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

Anak Sulit Bangun Sahur? Begini Cara Mengatasinya

Lantas, bagaimana cara untuk membangunkan anak untuk pergi ke sekolah? Psikolog keluarga Ayoe Soetomo mengungkapkan kiat agar anak tidak sulit bangun sahur. Solopos.com, SOLO–Tak sedikit orang tua menghadapi masalah anak sulit bangun sahur saat menjalankan ibadah puasa. Padahal sebaiknya anak jangan melewatkan makan untuk menjaga kebutuhan nutrisi tubuh. Jika anak susah tidur malam, balita Ibu akan lebih rileks dan mudah untuk tidur jika terbiasa dengan rutinitas jam tidur.

Menurut Astrini, jika mothers terlalu lama membiarkan si kecil tidur terlelap, maka akan berbahaya untuk perkembangan otak dan pelemasan tulang-tulangnya. Jangan sampai tidurnya terlalu random dan nggak seimbang durasinya. Ibu dapat melakukan cek kesehatan perut di Tummypedia satu kali setiap hari.

Cara lainnya untuk membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam yaitu dengan menggunakan white noise. Cara kerja white noise yaitu menggabungkan beberapa frekuensi suara secara bersamaan dan menghasilkan suara dengan pola lebih tenang, stabil dan teratur. Seperti halnya pada dewasa, lendir di hidung si Kecil juga bisa mengental dan sulit dikeluarkan saat pilek. Jadi, Ibu perlu membuat lendir tersebut lebih encer supaya bisa dikeluarkan. Terkait hal ini, Ibu bisa coba meneteskan setetes cairan air garam ke lubang hidung si Kecil menggunakan ujung pipet untuk bayi.

Parents tentu sempat kesal dengan kejadian seperti ini setiap harinya. Nah mari simak suggestions yang bisa dilakukan agar anak bangun pagi berikut. Pada saat anak akan tidur, berilah ia sugesti agar ia mau bangun untuk makan sahur dengan kata-kata yang positif. Misalnya, “Adek kan besok mau puasa Ramadhan, nanti malam kita bangun sahur ya. Supaya adek kuat untuk menjalani puasa dan puasanya bisa selesai sampai magrib”.

Bila dilakukan tiap hari, anak akan terbiasa bangun dengan sendirinya. Pastikan anak kita mendapatkan tidur yang cukup, cobalah evaluasi jadwal tidurnya dan jika perlu ubah rutinitas yang menganggu jadwal tidurnya. Suatu kebiasaan bisa melekat dalam diri seseorang jika dilakukan konsisten dalam waktu yang lama. Membiasakan bangun di pagi hari sejak anak-anak bisa mendarah daging hingga ia dewasa nanti. Misalnya buatlah puding kesukaannya, lalu jika ia berhasil bangun pagi berikan puding tersebut untuknya. Biarkan remaja tidur pada akhir pekan, tetapi tidak lebih dari 2 atau three jam agar tidak mengganggu jam tubuh mereka.

Cara agar anak tidak susah bangun

Di satu sisi anak akan merasa senang dapat menonton acara TV kesayangannya, namun di sisi lain anak justru sulit untuk memejamkan mata di malam hari. Adanya televisi pribadi di kamar anak justru membuatnya lebih asyik menonton TV dan kurang bersosialisasi bersama keluarga. Untuk mengatasinya, letakkan televisi di ruang keluarga agar dapat dinikmati secara bersama-sama. Beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak susah bangun bagi.

Selain kuantitas, pastikan pula menu sahur anak bernutrisi agar ia memiliki stamina yang cukup untuk puasa. Segala sesuatu yang dilakukan secara rutin akan menjadi kebiasaan dan melekat pada diri si kecil hingga mereka dewasa nanti. Tentunya Bunda harus sabar melatih si kecil untuk bisa selalu bangun pagi. Hal-hal seperti ini bisa membuat Si Kecil jera dan termotivasi untuk tidak datang terlambat ke sekolah, sehingga di hari berikutnya ia tidak akan susah dibangunkan lagi. Si Kecil harus mengerti mengenai konsekuensi yang harus ia terima jika ia terlambat bangun. Penting bagi Bunda untuk membangunkan Si Kecil dengan cara-cara yang menyenangkan.