Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

Anak Kecanduan Gadget? Begini 3 Cara Mudah Mengatasinya

Agenda-agenda dalam kegiatan berorganisasi pun akan membuat fokus anak-anak teralihkan, dari yang hanya berdiam diri menjadi orang yang lebih produktif. Sedangkan untuk gawai atau perangkat cellular sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biasakan agar anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Cobalah untuk meletakkan televisi atau komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak yang ingin menggunakannya, mereka tidak sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga. Baik orang dewasa atau anak kecil suka dipuji atas perbuatannya.

Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih kegadgetlagi. Sebagian besar anak harus didorong untuk berinteraksi langsung dengan anak seusianya. Terlalu sering menggunakan gadget sebagai metode untuk menenangkan anak seolah sedang menjerumuskan anak dengan kebiasaan menggunakan gadget. Dokter akan memberikan cara terbaik untuk membantu Anda menenangkan si kecil dan mengurangi kecanduannya.

Tau gak sih Ma Pa, saat anda tidak menggunakan gadget saat berinteraksi dengan anak, ini memberikan kesan ‘penting’ untuk si kecil. Dia akan merasa gadget itu bukanlah barang yang penting dan tidak akan merengek untuk meminta gadget. Sehingga, anak juga bisa melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat.

Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Internet menjadi tempatnya berbagai macam konten yang kadang tidak pantas disaksikan oleh anak-anak, seperti kekerasan dan pornografi. Ketika anak menontonnya, maka hal tersebut dapat memicu perilaku agresif pada diri anak. Ia bisa dengan mudah meniru adegan yang ia tonton sehingga dapat berakibat buruk pada masa depannya. Jangan lupa pula untuk memberikan alternatif kegiatan lainnya yang perlu dipersiapkan agar anak tidak hanya fokus dengan gadget mereka.

Orang tua harus berani dan tegas mengambil tindakan jika anak tidak mau lepas dari gawai. Anak yang memiliki kecanduan yang parah dapat dibatasi penggunaan gawai secara bertahap. Sayangnya, biasa orang tua di Indonesia lebih ke arah menakut-nakuti anaknya dibandingkan mengedukasi dampak buruk dari gadget. Tapi kalau saya sih sebisa mungkin dalam satu sesi tidak memberikan waktu untuk bermain gadget terlalu lama, karena jika terlalu lama nanti malah akan lebih sulit berhentinya. Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati sport dari web atau jenis konsol lainnya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A menjelaskan, sebaiknya anak diperkenalkan gadget pada usia dua tahun keatas. Bila kebiasaan ini berlangsung terus-menerus, maka tanpa disadari membuat anak menjadi kecanduan gadget. Komunikasi dan edukasi tentang bahaya penggunaan gadget terlalu lalu sangat penting dilakukan sejak dini. Si Kecil harus tahu tentang hal-hal negatif dari pemakaian gadget.

Cara ini lumayan efektif untuk mengurangi candu anak terhadap gadget. Boleh jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktivitas menyenangkan di luar rumah. Maka itu, isilah hari-harinya dengan berbagai kegiatan yang ia sukai.

Mama Papa pasti sadar sekarang banyak sekali konten-konten edukasi untuk segala umur yang tersedia lengkap di web. Bahkan untuk anak yang lebih dewasa, konten-konten yang ada mampu mengasah minat dan bakat anak untuk mencoba mendalami apa yang mereka suka loh. Jadi tunggu apa lagi, buruan apply Kartu Kredit Orami #BankSinarmas melalui #SimobiPlus agar kamu dapat belanja kebutuhan ibu dan anak di Orami sepuasnya. Media menggambar maupun mewarnai sangat lekat dengan dunia si kecil.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Kesemuanya berisikan prinsip-prinsip umum mengenai interaksi sehat dengan perangkat digital. Anak-anak kerap mengambil pelajaran dari lingkungan sekitarnya, tak terkecuali mengenai kebiasaan menggunakan gadget orang tuanya. Jika Bunda masih sering bermain gadget di depannya, Si Kecil juga akan meniru kebiasaan tersebut. Jadi mulai sekarang, usahakan untuk tidak sibuk dengan gadget saat sedang bersama Si Kecil, ya, Bun. Cegah kecanduang gadget pada anak sekarang, dampingi penggunaan dan interaksi anak dengan perangkat teknologi tersebut.