Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

Anak Kecanduan Gadget? Atasi Dengan 5 Cara Ini

Potensi anak lekat dengan gadget sangat tinggi, namun harus tetap proporsional,” ujar Santoso. Pengawasan dan peran orang tua sangat penting selama PJJ di tengah pandemi. Kerja sama dengan pasangan untuk bergantian menjaga dan memberikan perhatian serta pengawasan pada anak juga diperlukan.

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada Si Kecil, waktu mengakses gadget harus dibatasi, ya. Bunda bisa memberi waktu 1–2 jam dalam sehari untuk Si Kecil menggunakan gadget. Selain itu, awasi juga Si Kecil saat bermain gadget, supaya ia tidak mengakses konten pornografi atau kekerasan. Pertama Anda harus menerapkan aturan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Misalnya hanya boleh menggunakan ponsel hingga komputer selama satu jam dalam sehari atau bisa juga hanya weekend. Nah, yang penting kita sadari, penggunaan gadget pada Si Kecil dapat menghambat pertumbuhannya bila digunakan tanpa pengawasan orang tua.

Jika sudah seperti ini akan menjadi sulit untuk kamu mengajak anak untuk makan, belajar, bersosialsi dengan orang lain, dan melakukan aktivitas lainnya karena anak kecanduan gadget. Untuk membantu mengurangi kecanduan gadget pada anak terdapat beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan. Mengatur kembali waktu anak bermain gadget bisa membantu Anda untuk membatasi penggunaan gadget oleh anak. Kemudian, jangan meletakkan gadget sembarangan, anak bisa mengambil dan memainkannya dengan mudah. Namun, sebagai orang tua dari anak-anak yang lahir di era digital, kita perlu waspada tentang dampak negatif yang dapat disebabkan oleh penggunaan teknologi secara berlebihan.

Sisihkan ponsel, pill, dan laptop computer Anda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak. “Karena anak yang aktivitas fisiknya bagus, dan tidurnya bagus, dia enggak akan tertarik juga sama gadget,” ungkapnya.

Keterlibatan orang-orang di sekitarnya memberikan peran yang sangat penting. Hindarkan anak dari kecanduan gadget dengan cara meluangkan waktu bersama si kecil di luar ruangan. Tips aktivitas wisata alam untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak. Pengamat gadget Lucky Sebastian, mengatakan, ideas agar anak tidak kecanduan gadget dimulai dari orangtuanya. Kemudian akan melakukan berbagai intervensi untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Untuktech-free zones ini artinya ada beberapa area di rumah yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget.

Entah dari fungsi pengawasan, sekaligus lebih memudahkan orangtua saat hendak mengatasi anak yang kecanduan gadget. Jika ingin mengendalikan anak bermain gadget, cobalah kendalikan diri kita untuk tidak berlama-lama menyentuh smartphone. Dalam keseharian, kita sering melihat banyak anak bermain gadget dibandingkan melakukan aktivitas lain-nya. Agar anak bisa teralihkan dan tidak terus menatap layar gadget, kamu bisa mengajaknya bermain atau melakukan sejumlah kegiatan menarik lainnya.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Anda bisa coba mendaftarkan anak pada beberapa les, seperti les tari, musik, atau taekwondo. Atau, Anda bisa pula menganjurkan anak untuk bermain bersama tetangga dan teman-teman sebayanya, baik di dalam maupun luar rumah. Banyaknya kegiatan yang dilakukan anak akan menyita perhatian mereka sehingga lupa bermain gadget. Jangan sampai ayah bunda melarang anak untuk bermain gadget, tapi mereka sendiri masih terus menempel pada gadgetnha. Larangan tersebut tidak akan membuahkan hasil jika tidak ada sikap bijak dari orang tuanya sendiri.

Aturan display screen time dalam penelitian baru yang dirilis oleh World Health Organization , yakni anak baru boleh menatap layar gadget pada usia 2 tahun. Jadi untuk bayi di bawah usia 24 bulan, sebisa mungkin hindari gadget sama sekali. Dengan membatasi aturan pemakaian gadget, para orang tua dapat membuat anak tidak kecanduan gadget, karena waktu yang lainnya bisa mereka gunakan bermain dengan teman maupun belajar. Salah satu cara paling gampang supaya anak bisa mengontrol penggunaan gadget adalah dengan membatasi waktu penggunaan gadget. Kalau saya biasanya dalam sehari memberikan waktu selama satu jam untuk bermain gadget.

Terlalu sering di depan layar, dapat menjadikan anak kecanduan gawai . Anak-anak yang sudah kecanduan gadget biasanya akan sulit untuk lepas dari smartphone atau gadget lainnya. Sehingga, temukan alternatif agar si anak mau beralih dari gadgetnya. Cara lainnya, yakni dengan memberikan mainan pengganti yang disukai anak-anak. Misalnya dengan memberikan pensil warna dan buku gambar, membelikan mainan lego, boneka dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk gawai atau perangkat mobile sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai. Si anak ini menolak mudik sampai menangis dan meronta-ronta tidak mau masuk ke mobil, sampai membuat kemacetan kecil di sekitar jalan.