Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

5 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Siang

Ibu sang bayi berharap para orang tua selalu ingat dengan anak dan jangan terlalu serius dalam mendidik anak. Selain itu, jika anak-anak dalam kondisi kelelahan, akan lebih sulit bagi mereka untuk tidur dengan mudah di malam hari. Pastikan di pagi hari anak mendapat cahaya sinar matahari yang cukup. Cahaya terang pagi hari menekan kadar melantonin agar anak terjaga dan tidak mengantuk pada siang hari. Setidaknya butuh waktu 30 menit sebelum tertidur, sebaiknya biarkan anak untuk santai. Si kecil akan lebih mudah tidur dengan kondisi kamar yang tidak terlalu terang.

Bagaimana dengan ‘memaksa’ anak sejak sejak usia bayi untuk tidur sendiri? Dalam proses tumbuh dan berkembang, tidur siang memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran anak untuk beristirahat dan memulihkan tenaga selama perubahan besar itu. Jika si Kecil terbangun di malam hari, lakukan cara yang sama . Tetap ciptakan suasana tenang dan redup agar si Kecil kembali merasa mengantuk dan segera tertidur pulas.

Tapi jangan menggendongnya dan jangan tinggal lebih dari 2 atau 3 menit, bahkan jika dia masih menangis saat Anda pergi. Melihat wajah Anda sudah cukup untuk meyakinkan bayi bahwa Anda berada di dekat Anda sehingga pada akhirnya dia bisa tertidur sendiri. Setelah Anda menyelesaikan rutinitas waktu tidurnya, tinggalkan kamar. Jika dia bangun di tengah malam, suara dan lampu di kamar harus sama dengan saat dia tertidur. Simpan aktivitas favorit bayi Anda untuk yang terakhir, dan lakukan di kamar tidurnya.

Dalam kondisi ini, efektivitas sistem daya tahan tubuh bayi juga bisa ikut menurun. Hasilnya, bayi jadi mudah sakit, dan pertumbuhannya pun terganggu. Hal ini karena tidur punya peranan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap serangan infeksi.

Selain formulanya yang lebih lembut untuk kulit bayi dan melembapkan, wangi lembut bayi di Cussons Baby juga disenangi oleh buah hati, lho. Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh memperbaiki dan memperbarui seluruh sel, mulai dari sel kulit, sel darah, hingga sel saraf otak. Dengan kata lain, pola tidur yang baik akan mendukung sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Cara agar anak mau tidur siang

Beberapa dokter anak menyarankan untuk nggak terlalu sering mengganti popok si Kecil di malam hari. Sebaiknya, sebelum tidur pakaikan popok dengan daya serap yang tinggi dan anti bocor sehingga si Kecil juga tetap nyaman selama tidur. Pastikan Ibu menidurkan buah hati di ruangan dengan pencahayaan redup.

Bagaimanapun juga, anak tetap harus tidur siang karena ia butuh. Bayi baru lahir memiliki dua kondisi tidur, tidur aktif dan tidur tenang (mirip dengan tidur non-REM orang dewasa). Studi telah menemukan bahwa tidur aktif memainkan peran penting dalam mencegah SIDS.

Tetap Bugar Saat Liburan

June 20, 2020