Beberapa langkah untuk membuat anak anteng

25 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Setiap Hari

Orang tua harus lebih sabar memilih menu makanan dan mengolahnya menjadi menu yang disukainya. Apakah anda seorang ayah atau ibu yang berpengalaman dengan si kecil yang susah makan? Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi si kecil yang sulit makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya.

Memang pada awalnya akan menjadi sulit, karena sebagai manusia pun orang tua punya tingkat kesabaran yang terbatas. Namun upayakan agar Anda menghindari hal-hal yang sifatnya memaksa anak untuk makan. Usahakan untuk memberi makan anak dalam jangka 3-4 jam sekali guna meningkatkan nafsu makan anak. Jika radang disertai dengan demam dan pembengkakan kelenjar, sebaiknya Mama langsung memeriksakannya ke dokter. Tujuannya ke dokter bukan cuma untuk menyembuhkan infeksi, namun juga untuk Mama bisa minta saran dokter untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Yang harus diperhatikan oleh ibu adalah keamanan produk, bahan pembuatan produk tersebut dan juga tanggal kadaluarsa. Jika diberikan suplemen anak justru merasakan diare dan sakit perut sebaiknya ibu menghentikan pemberian suplemen tersebut. Fimela.com, Jakarta Menghadapi permasalahan anak susah makan nasi memang bikin orangtua frustasi. Apalagi jika sudah menggunakan berbagai cara, namun si kecil tetap enggan menyentuh nasi di piringnya. Padahal, nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Penyebabnya bisa macam macam, seperti jenis makanan yang membosankan, rasa makanan yang tidak enak atau bisa jadi ada faktor lain yang membuat nafsu makan anak memurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari dan menemukan penyebab mengapa anak susah makan. Agar penanganan yang diberikan bisa menjadi efektif dan mampu mengembalikan nafsu makan anak. Anak yang sulit makan cenderung enggan menyantap makanan dengan jenis tertentu. Mereka hanya akan memakan dalam porsi yang sedikit, tentunya akan berpengaruh pada asupan kalori yang diterima tubuh.

Dengan demikian, jadwal makan akan lebih teratur, dan lama-lama masalah susah makan akan teratasi. Ikatan Dokter Anak Indonesia pun menganjurkan orang tua untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya. Daripada memberikan makanan dalam porsi besar tapi tidak habis, coba deh beri makan si kecil dalam porsi makan yang tidak berlebihan, tetapi cukup sering. Hindari mengkritik anak di depan orang banyak meski keluarga sendiri cuma karena ia kesulitan makan.

Membersihkan sisa makanan di mulut, pakaian, dan lantai hanya dilakukan setelah sesi makan berakhir agar anak mengerti kapan waktu makan berakhir. Lingkungan makan yang kondusif dan bebas dari gangguan merupakan hal yang perlu diperhatikan, agar anak mengerti waktu makan. Jika anak tidak mau makan atau makanan tidak habis dalam 30 menit, makanan yang tersaji mesti disingkirkan. Ikuti saja mood anak tentang makanan, karena dipastikan dia tidak akan makan hal yang sama setiap hari.